Ruang Lingkup Tugas

Kelurahan Kotalama    Kecamatan Kedungkandang  Kota Malang mempunyai tugas dan kewajiban melaksanakan peraturan dan kebijaksanaan dari Pemerintah Kota Malang dan membantu mengkoordinasikan dan memberikan pelayanan terhadap masyarakat.
Untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagaimana dimaksud di atas Kelurahan Kotalama    Kecamatan Kedungkandang  Kota Malang mempunyai tugas :

1. Penyusunan dan pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Kerja;
2. Pelaksanaan kegiatan pemerintahan;
3. Penyelenggaraan kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat;
4. Pengkoordinasian kegiatan pembangunan;
5. Pemberdayaan masyarakat;
6. Pelayanan masyarakat;
7. Penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
8. pemeliharaan sarana dan prasarana pelayanan umum;
9. Pembinaan lembaga kemasyarakatan;
10. Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM);
11. Penyusunan dan pelaksanaan Standar Operasional Pelayanan ( SOP );
12. Pelaksanaan fasilitasi pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan/atau pelaksanaan pengumpulan pendapat pelanggan secara periodik yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas layanan;
13. Pengelolaan pengaduan masyarakat;
14. Penyampaian data hasil pembangunan dan informasi lainnya terkait layanan publik secara berkala melalui web site Pemerintah Daerah;
15. Pengelolaan administrasi umum meliputi penyusunan program, ketatalaksanaan, ketatausahaan, keuangan, kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan, kehumasan, kepustakaan dan kearsipan;
16. Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi;
17. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Jenis-jenis pelayanan

Jenis-jenis pelayanan yang diberikan oleh kelurahan Kotalama     Kecamatan Kedungkandang kota malang adalah sebagai berikut :

1. Pemberian persetujuan untuk permohonan Izin Gangguan (HO) atau Izin Mendirikan Bangunan (IMB),
2. Pemberian pengantar untuk pertimbangan teknis ijin keramaian di wilayah kelurahan,
3. Pembuatan Surat Keterangan Domisili Usaha,
4. Pemberian pengantar / persetujuan untuk pengajuan kredit bank,
5. Pemberian surat keterangan tidak mampu / Jamkesda / gakin / pengantar cerai,
6. Pengajuan permohonan Nikah,
7. Pengajuan Permohonan Keterangan Kelahiran,
8. Pengajuan Permohonan Keterangan Kematian,
9. Pemberian pengantar pembuatan KTP baru,
10. Pemberian persetujuan dalam pembuatan Kartu Keluarga (KK),
11. Pemberian pengantar Surat Keterangan Kelakuan Baik / Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKKB / SKCK),
12. Pemberian pengantar Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD),
13. Pemberian pengantar pembuatan Surat Pindah Keluar,
14. Pemberian pengantar Surat Pindah Datang.

STANDAR PELAYANAN

1.) SEKSI  :    Pemerintahan, Ketentraman Dan Ketertiban Umum
PELAYANAN    :

1.   Pemberian persetujuan untuk permohonan Izin Gangguan (HO) atau Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
a.    Persyaratan    :

                                  – Foto Copy KTP sebanyak 1 lembar,
– Foto Copy KK sebanyak 1 lembar,
– Surat Pengantar dari RT dan RW,
– Bukti kepemilikan tanah dan atau bangunan.

b.    Besarnya tarif    :    –
c.    Lama waktu penyelesaian    :    10 menit
d.    Prosedur penyelesaian pelayanan    :

                                 – Kebutuhan warga,
– Surat pengantar dari RT dan RW,
– Kasi Pemerintahan, Ketentraman Dan Ketertiban Umum  memeriksa kelengkapan  persyaratan                                    dan  materi pada format permohonan Izin Gangguan (HO) atau Izin Mendirikan Bangunan.
– Persetujuan Lurah Kotalama.

  e.    Spesifikasi produk / hasil pelayanan    :

                                 – Permohonan Izin Gangguan (HO) atau Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang telah disetujui                                     Lurah.

f.    Kompetensi petugas    :    1 orang petugas
g.    Sarana dan prasaranan pelayanan    :

                                 – Alat Tulis Kantor  (ATK),
– Komputer dan Printer,
– Buku register umum,
– Buku peraturan perundang-undangan yang relevan.

 h.  Pelayanan informasi dan pelayanan pengaduan masyarakat :

                                -Kantor Kelurahan Kotalama    Kecamatan Kedungkandang   Kota Malang

2. Pemberian pengantar untuk pertimbangan teknis ijin keramaian di wilayah kelurahan Kotalama.

a.    Persyaratan    :   – Foto Copy KTP sebanyak 1 lembar,
– Foto Copy KK sebanyak 1 lembar,
– Surat pengantar dari RT dan RW.
b.    Besarnya tarif    :    –
c.    Lama waktu penyelesaian    :    15 menit
d.    Prosedur penyelesaian pelayanan    :

– Kebutuhan warga,

– Surat pengantar dari RT dan RW,
– Kasi Pemerintahan, Ketentraman Dan Ketertiban umum memeriksa kelengkapan persyaratan                                        dan materi pada format Surat Pengantar izin keramaian,
– Persetujuan Lurah Kotalama.
e.    Spesifikasi produk / hasil pelayanan    :    Surat pengantar pertimbangan teknis izin keramaian
f.    Kompetensi petugas    :    1 orang petugas
g.    Sarana dan prasaranan pelayanan    :    – Alat Tulis Kantor (ATK),
– Komputer dan Printer,
– Buku register umum,
– Buku peraturan perundang-undangan yang relevan.
h.    Pelayanan informasi dan pelayanan pengaduan masyarakat    :    Kantor Kelurahan Kotalama   Kecamatan Kedungkandang Kota Malang

3. Pembuatan Surat Keterangan Domisili Usaha

a.    Persyaratan    :    – Foto Copy KTP sebanyak 1 lembar,
– Foto Copy KK sebanyak 1 lembar,
– Surat pengantar dari RT dan RW,
– Bukti pendirian usaha.
b.    Besarnya tarif    :    –
c.    Lama waktu penyelesaian    :    5 menit
d.    Prosedur penyelesaian pelayanan    :

– Kebutuhan warga
– Surat pengantar dari RT dan RW
– Kasi Pemerintahan, Ketentraman Dan Ketertiban   Umum                                                                                    kelengkapan persyaratan dan materi pada format surat keterangan domisili usaha
– Persetujuan Lurah Kotalama  .
e.    Spesifikasi produk / hasil pelayanan    :    Surat Keterangan Domisili Usaha
f.    Kompetensi petugas    :    1 orang petugas
g.    Sarana dan prasaranan pelayanan    :   – Alat Tulis Kantor (ATK),
– Komputer dan Printer,
– Buku register umum,
– Buku peraturan perundang-undangan yang relevan
h.    Pelayanan informasi dan pelayanan pengaduan masyarakat    :    Kantor Kelurahan Kotalama  Kecamatan Kedungkandang  Kota Malang

2.) SEKSI        :    Pemberdayaan Masyarakat Dan Pembangunan
PELAYANAN    :  

1. Pemberian pengantar / persetujuan untuk pengajuan kredit bank
a.    Persyaratan    :   – Foto Copy KTP sebanyak 1 lembar,
– Foto Copy KK sebanyak 1 lembar,
– Surat pengantar dari RT dan RW,
– Blanko permohonan kredit dari bank.
b.    Besarnya tarif    :    –
c.    Lama waktu penyelesaian    :    5 menit
d.    Prosedur penyelesaian pelayanan    :   – Kebutuhan warga,
– Surat pengantar dari RT dan RW,
– Kasi Pemberdayaan Masyarakat Dan Pembangunan memeriksa

kelengkapan persyaratan dan materi pada format surat keterangan

domisili usaha,
– Persetujuan Lurah Kotalama    .
e.    Spesifikasi produk / hasil pelayanan    :    Surat pengantar pertimbangan pengajuan kredit bank
f.    Kompetensi petugas    :    1 orang petugas
g.    Sarana dan prasaranan pelayanan    :    – Alat Tulis Kantor (ATK),
– Komputer dan Printer,
– Buku register umum,
– Buku peraturan perundang-undangan yang relevan
h.    Pelayanan informasi dan pelayanan pengaduan masyarakat    :    Kantor Kelurahan Kotalama    Kecamatan Kedungkandang   Kota Malang

3.) SEKSI        :    Kesejahtarahan Masyarakat
PELAYANAN    :    Pemberian surat keterangan tidak mampu / Jamkesda / gakin / pengantar cerai
a.    Persyaratan    :    Foto Copy KTP sebanyak 1 lembar,
Foto Copy KK sebanyak 1 lembar,
Surat pengantar dari RT dan RW.
b.    Besarnya tarif    :    –
c.    Lama waktu penyelesaian    :    5 menit
d.    Prosedur penyelesaian pelayanan    :    Kebutuhan warga,
Surat pengantar dari RT dan RW,
Kasi Kesejahterahan Masyarakat memeriksa kelengkapan persyaratan dan materi pada format surat keterangan umum,
Persetujuan Lurah Kotalama    .
e.    Spesifikasi produk / hasil pelayanan    :    Surat keterangan umum (surat keterangan tidak mampu, Jamkesda, gakin, pengantar cerai)
f.    Kompetensi petugas    :    1 orang petugas
g.    Sarana dan prasaranan pelayanan    :    Alat tulis kerja (ATK),
Komputer dan Printer,
Buku register umum,
Buku peraturan perundang-undangan yang relevan
h.    Pelayanan informasi dan pelayanan pengaduan masyarakat    :    Kantor Kelurahan kotalama   Kecamatan Kedungkandang  Kota Malang

PELAYANAN    :    Pengajuan permohonan nikah
a.    Persyaratan    :    Foto Copy KTP sebanyak 1 lembar,
Foto Copy KK sebanyak 1 lembar,
Surat pengantar dari RT dan RW
Foto sebanyak 4 lembar,
Data calon suami / istri.
b.    Besarnya tarif    :    –
c.    Lama waktu penyelesaian    :    15 menit
d.    Prosedur penyelesaian pelayanan    :    Kebutuhan warga
Surat pengantar dari RT dan RW
Kasi Kesejahterahan Masyarakat memeriksa kelengkapan persyaratan dan materi pada format Permohonan Nikah yaitu register B.8.1, membuatkan N1 sampai N4, surat keterangan nikah, surat keterangan belum nikah,
Persetujuan Lurah Kotalama
e.    Spesifikasi produk / hasil pelayanan    :    Surat-surat kelengkapan nikah

f.    Kompetensi petugas    :    1 orang petugas
g.    Sarana dan prasarana pelayanan    :    Alat tulis kerja (ATK),
Komputer dan Printer,
Buku register umum,
Buku peraturan perundang-undangan yang relevan
h.    Pelayanan informasi dan pelayanan pengaduan masyarakat    :    Kantor Kelurahan Kotalama   Kecamatan Kedungkandang  Kota Malang

PELAYANAN    :    Pengajuan Permohonan Keterangan kelahiran
a.    Persyaratan    :    Foto Copy KTP sebanyak 1 lembar,
Foto Copy KK sebanyak 1 lembar,
Surat pengantar dari RT dan RW,
Foto copy surat kelahiran dari dokter / bidan,
Foto Copy Surat nikah suami / istri.
b.    Besarnya tarif    :    –
c.    Lama waktu penyelesaian    :    10 menit
d.    Prosedur penyelesaian pelayanan    :    Kebutuhan warga,
Surat pengantar dari RT dan RW,
Kasi Kesejahterahan Masyarakat memeriksa kelengkapan persyaratan dan materi pada format surat keterangan kelahiran,
Persetujuan Lurah Kotalama   .
e.    Spesifikasi produk / hasil pelayanan    :    Surat keterangan kelahiran
f.    Kompetensi petugas    :    1 orang petugas
g.    Sarana dan prasaranan pelayanan    :    Alat tulis kerja (ATK),
Komputer dan Printer,
Buku register umum,
Buku peraturan perundang-undangan yang relevan
h.    Pelayanan informasi dan pelayanan pengaduan masyarakat    :    Kantor Kelurahan Kotalama    Kecamatan Kedungkandang   Kota Malang

PELAYANAN    :    Pengajuan Permohonan Keterangan Kematian
a.    Persyaratan    :    Foto Copy KTP sebanyak 1 lembar,
KK asli dan Foto Copy sebanyak 1 lembar,
Surat pengantar dari RT dan RW.
b.    Besarnya tarif    :    –
c.    Lama waktu penyelesaian    :    10 menit
d.    Prosedur penyelesaian pelayanan    :    Kebutuhan warga
Surat pengantar dari RT dan RW
Kasi Kesejahterahan Masyarakat memeriksa kelengkapan persyaratan dan materi pada format surat keterangan kematian,
Persetujuan Lurah Kotalama
e.    Spesifikasi produk / hasil pelayanan    :    Surat Keterangan Kematian
f.    Kompetensi petugas    :    1 orang petugas
g.    Sarana dan prasaranan pelayanan    :    Alat Tulis Kanotr (ATK),
Komputer dan Printer,
Buku register umum,
Buku peraturan perundang-undangan yang relevan
h.    Pelayanan informasi dan pelayanan pengaduan masyarakat    :    Kantor Kelurahan Kotalama  Kecamatan Kedungkandang Kota Malang

4.) SEKSI        :    Pelayanan Umum
PELAYANAN    :    Pemberian pengantar pembuatan KTP baru
a.    Persyaratan    :    Foto Copy KTP sebanyak 1 lembar,
Foto Copy KK sebanyak 1 lembar,
Surat pengantar dari RT dan RW,
Lembar KP1 sebanyak 2 lembar,
Surat pernyataan (bagi wajib KTP usia 18 tahun ke atas yang belum pernah memiliki KTP).
b.    Besarnya tarif    :    –
c.    Lama waktu penyelesaian    :    5 menit
d.    Prosedur penyelesaian pelayanan    :    Kebutuhan warga,
Surat pengantar dari RT dan RW,
Kasi Pelayanan Umum memeriksa kelengkapan persyaratan dan materi pada format lembar KP1
Persetujuan Lurah Kotalama
e.    Spesifikasi produk / hasil pelayanan    :    Lembar KP1 yang telah disetujui Lurah Kotalama

f.    Kompetensi petugas    :    1 orang petugas
g.    Sarana dan prasaranan pelayanan    :    Alat Tulis Kantor (ATK),
Komputer dan Printer,
Buku register umum,
Buku peraturan perundang-undangan yang relevan
h.    Pelayanan informasi dan pelayanan pengaduan masyarakat    :    Kantor Kelurahan Kotalama    Kecamatan Kedungkandang Kota Malang

PELAYANAN    :    Pemberian persetujuan dalam pembuatan kartu keluarga (KK)
a.    Persyaratan    :    Foto Copy KK lama sebanyak 2 lembar,
Surat pengantar dari RT dan RW,
Surat pindah (bagi pendatang),
Surat nikah suami / istri (bagi yang baru pindah)
Foto copy akta kelahiran (bagi yang baru lahir)
b.    Besarnya tarif    :    –
c.    Lama waktu penyelesaian    :    10 menit
d.    Prosedur penyelesaian pelayanan    :    Kebutuhan warga,
Surat pengantar dari RT dan RW,
Kasi pelayanan umum memeriksa kelengkapan persyaratan dan materi pada format kartu keluarga,
Persetujuan Lurah Kotalama   .
e.    Spesifikasi produk / hasil pelayanan    :    Blanko Kartu keluarga yang telah disetujui Lurah Kotalama
f.    Kompetensi petugas    :    1 orang petugas
g.    Sarana dan prasaranan pelayanan    :    Alat Tulis Kantor (ATK),
Komputer dan Printer,
Buku register umum,
Buku peraturan perundang-undangan yang relevan
h.    Pelayanan informasi dan pelayanan pengaduan masyarakat    :    Kantor Kelurahan Kotalama    Kecamatan Kedungkandang Kota Malang

PELAYANAN    :    Pemberian pengantar Surat Keterangan Kelakuan Baik / Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKKB / SKCK)
a.    Persyaratan    :    KTP asli dan Foto Copy 1 lembar,
KK asli dan Foto Copy 1 lembar,
Surat pengantar dari RT dan RW
b.    Besarnya tarif    :    –
c.    Lama waktu penyelesaian    :    10 menit
d.    Prosedur penyelesaian pelayanan    :    Kebutuhan warga,
Surat pengantar dari RT dan RW,
Kasi Pelayanan Umum memeriksa kelengkapan persyaratan dan materi pada format Surat Keterangan Kelakuan Baik / Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKKB/SKCK),
Persetujuan Lurah Kotalama    .
e.    Spesifikasi produk / hasil pelayanan    :    Surat Keterangan Kelakuan Baik / Surat Keterangan Catatan Kepolisian
f.    Kompetensi petugas    :    2 orang petugas
g.    Sarana dan prasaranan pelayanan    :    Alat Tulis Kantor (ATK),
Komputer dan Printer,
Buku register umum,
Buku peraturan perundang-undangan yang relevan
h.    Pelayanan informasi dan pelayanan pengaduan masyarakat    :    Kantor Kelurahan Kotalama  Kecamatan Kledungkandang   Kota Malang

PELAYANAN    :    Pemberian pengantar Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD)
a.    Persyaratan    :    KTP asli dan Foto Copy 1 lembar,
KTP asli kedua orang tua dan Foto Copy 1 lembar,
KK asli dan Foto Copy 1 lembar,
Surat pengantar dari RT dan RW,
b.    Besarnya tarif    :    –
c.    Lama waktu penyelesaian    :    15 menit
d.    Prosedur penyelesaian pelayanan    :    Kebutuhan warga,
Surat pengantar dari RT dan RW,
Kasi Pelayanan Umum memeriksa kelengkapan persyaratan dan materi pada format Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD),
Persetujuan Lurah kotalama    .
e.    Spesifikasi produk / hasil pelayanan    :    Surat Keterangan Bersih Diri
f.    Kompetensi petugas    :    2 orang petugas
g.    Sarana dan prasaranan pelayanan    :    Alat tulis kerja (ATK),
Komputer dan Printer,
Buku register umum,
Buku peraturan perundang-undangan yang relevan
h.    Pelayanan informasi dan pelayanan pengaduan masyarakat    :    Kantor Kelurahan Kotalama  Kecamatan Kledungkandang Kota Malang

PELAYANAN    :    Pemberian pengantar pembuatan surat pindah keluar
a.    Persyaratan    :    KTP asli (bagi yang berusia 17 tahun ke atas),
KK asli,
Surat pengantar dari RT dan RW,
Surat nikah suami / istri sebanyak 1 lembar,
Foto copy akta kelahiran sebanyak 1 lembar,
Foto copy surat cerai (bagi cerai hidup),
Foto copy surat kematian (bagi cerai mati),
Foto berwarna 3 x 4 sebanyak 6 lembar.
b.    Besarnya tarif    :    –
c.    Lama waktu penyelesaian    :    15 menit
d.    Prosedur penyelesaian pelayanan    :    Kebutuhan warga,
Surat pengantar dari RT dan RW,
Kasi Pelayanan Umum memeriksa kelengkapan persyaratan dan materi pada format surat pindah keluar,
Persetujuan Lurah Kotalama
e.    Spesifikasi produk / hasil pelayanan    :    Surat Pindah Keluar
f.    Kompetensi petugas    :    1 orang petugas
g.    Sarana dan prasaranan pelayanan    :    Alat Tulis Kantor (ATK),
Komputer dan Printer,
Buku register umum,
Buku peraturan perundang-undangan yang relevan
h.    Pelayanan informasi dan pelayanan pengaduan masyarakat    :    Kantor Kelurahan Kotalama   Kecamatan Kedungkandang Kota Malang

PELAYANAN    :    Pemberian pengantar Surat Pindah Datang
a.    Persyaratan    :    Surat pindah dari daerah asal,
KTP asli,
KK asli keluarga tujuan atau KK tersendiri,
Surat pengantar dari RT dan RW,
Foto copy surat kelahiran (bila ada penambahan anak yang belum masuk di dalam surat pindah),
Surat nikah suami / istri (apabila status kawin).
b.    Besarnya tarif    :    –
c.    Lama waktu penyelesaian    :    10 menit
d.    Prosedur penyelesaian pelayanan    :    Kebutuhan warga,
Surat pengantar dari RT dan RW,
Kasi Pelayanan Umum memeriksa kelengkapan persyaratan dan materi pada format KP1 dan Blanko KK surat pindah,
Persetujuan Lurah kotalama
e.    Spesifikasi produk / hasil pelayanan    :    Lembar KP1 dan blanko KK yang telah disetujui Lurah Kotalama
f.    Kompetensi petugas    :    1 orang petugas
g.    Sarana dan prasaranan pelayanan    :    Alat tulis kerja (ATK),
Komputer dan Printer,
Buku register umum,
Buku peraturan perundang-undangan yang relevan
h.    Pelayanan informasi dan pelayanan pengaduan masyarakat    :    Kantor Kelurahan Kotalama    Kecamatan Kedungkandang Kota Malang